Uji Paint Smear Model
Kapal Sabang Marindo
1.
PENGANTAR
Laporan Teknis Uji Paint
Smear model kapal Sabang
Marindo ini merupakan laporan yang menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan oleh
Leader Manufakturing dan pengujian model kapal 1.2.0, Program Aplikasi
Penyempurnaan Desain Dan Uji Operasional Kapal Ferry Cepat Angkut
Penumpang/Barang 2010.
Berdasarkan pengkajian secara numerik pada tahun pertama
(2008) dan tahun kedua (2009) telah dilakukan pemilihan jenis kapal yang akan
dipakai sebagai model dalam penelitian ini yaitu kapal ferry cepat Sabang
Marindo. Dimana pada hasil perhitungan numerik diketahui bahwa
kapal Sabang Marindo mempunyai stabilitas tertinggi ~75 derajat, dan sudut
rolling < 10 derajat.
Sebagai langkah
awal pada kegiatan 2010 ini adalah penyempurnaan desain pada kapal Sabang Marindo, yaitu dilakukan dengan
cara melakukan pengujian paint smear pada model kapal Sabang Marindo yang telah dibuat pada
tahun 2009.
2.
TUJUAN
Tujuan
dari kegiatan ini adalah malakukan pengujian paint smear, dimana dalam
hal ini dimaksudkan untuk untuk mendapatkan informasi mengenai arah
aliran air bada badan kapal. Lokasi bilge keel yang tepat sesuai dengan arah
aliran (stream line) dan aplikasi bilge keel ini dimaksudkan untuk mendapatkan
koefisien redaman kapal saat berlayar di laut sehingga gerak kapal lebih nyaman
bagi penumpang.
3.
KEGIATAN PAINT SMEAR TEST
Kegiatan yang dilaksanakan pada tahun ketiga (thn 2010)
ini berupa desain modifikasi linesplan
kapal penumpang ferry cepat berdasarkan hasil analisa numerik / model matematis
, uji model di kolam dan pengukuran skala penuh kinerja kapal ferry cepat
angkut barang dan penumpang.
Hasil-hasil
kajian teknis pada 2 tahun sebelumnya sangat perlu dilengkapi oleh data kinerja
kapal ferry cepat saat berlayar di laut.
Dengan demikian pada tahun 2010 kegiatan penelitian terfokus pada
pengkajian hasil pengumpulan data
kinerja operasional kapal fery cepat di laut lepas melalui pengukuran skala
penuh (full scale measurement).
Data hasil
pengukuran ini dianalisa dan dikaji bersama dengan hasil kajian hidrodinamika
di tahun sebelumnya dan kemudian dilakukan modifikasi desain dan uji
hidrodinamika ulang sehingga diperoleh suatu desain bentuk badan kapal ferry
cepat yang aman dan nyaman bagi penumpang.
Berdasarkan hasil
pengukuran di atas modifikasi hull dilakukan melalui pengujian paint smear.
Dimana hal ini dimaksudkan untuk untuk mendapatkan lokasi bilge keel yang tepat
sesuai dengan arah aliran (stream line) dan aplikasi bilge keel ini dimaksudkan
untuk mendapatkan koefisien redaman kapal saat berlayar di laut sehingga gerak
kapal lebih nyaman bagi penumpang.
Untuk
penyempurnaan disain, maka model kapal Sabang Marido dari hasil penelitian
tahun 2009 dilakukan pengujian smear. Pada lambung kapal di masing-masing
station dioleskan smear dengan ketebalan tertentu. Model kapal ditarik dengan
carriage di Towing Tank dengan kecepatan rendah seperti gambar 1.
Gambar 1 Uji
paint smear di Towing Tank
Model kapal
diangkat dengan hati-hati dari Towing Tank, hal ini dilakukan agar arah garis
yang terbentuk pada masing-masing station tidak rusak. Hasil smear test pada
model Sabang Marindo sebagai mana pada gambar 2.
Gambar 2
Hasil uji paint smear
4.
HASIL
KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
Hasil uji paint
smear untuk mendapatkan posisi bilgekeel yang diperlihatkan pada Gambar 3. Sedangkan
untuk sheer plan pada Gambar 4 dimana
untuk aplikasi praktis di lapangan dilakukan pemilihan dengan posisi bilga no
2.
Berdasarkan hasil
pengukuran di atas dimaksudkan untuk untuk mendapatkan lokasi bilge keel yang tepat
sesuai dengan arah aliran (stream line) dan aplikasi bilge keel ini dimaksudkan
untuk mendapatkan koefisien redaman kapal saat berlayar di laut sehingga gerak
kapal lebih nyaman bagi penumpang.
Gambar 3.
Body Plan dengan posisi bilgenya
Gambar 4 Sheer Plan
5.
REKOMENDASI
Diketahui dari hasil Paint Smear test
bahwa pemasangan bilga keel pada kapal Sabang Marindo perlu dilakukan koreksi
sebagai mana pada gambar 3 dan gambar 4.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar